Langsung ke konten utama

DEBAT(Mari kita bicara mengenai per-debat-an)

DEBAT
(Mari kita bicara mengenai per-debat-an)

“Alam telah memberi kita dua telinga, dua mata, dan hanya satu lidah. Kita harus mendengar dan melihat lebih banyak dari pada bicara (Socrates)”

Di televisi ada beberapa acara yang menayangkan acara debat diantaranya  ILC (Indonesia Layar Club)  dan dua sisi di TV One, Mata Najwa di Trans 7, dan Rosi di Kompas TV.  Dalam debat di televisi itu banyak membahas soal isu yang sedang trending seperti politik, hukum, dan berbagai macam topik hangat lainnya. Namun sayangnya yang sering kita saksikan di televisi tak jarang adalah perdebatan yang tidak bermutu, Yang ada hanya keinginan untuk menang dan menjatuhkan lawan tanpa peduli apakah pendapatnya salah atau tidak. Bahkan ada beberapa narasumber debat yang suara dan emosinya lebih besar dari isi kepalanya. Padahal dalam berdebat salah satu etika yang harus dipegang adalah kedua belah pihak harus mendengarkan argumen lawannya masing-masing. pihak yang berdebat tidak boleh memotong pembicaraan lawan tapi menunggu sampai dia selesai mengutarakan pendapatnya. 

Namun yang kita saksikan adalah belum selesai lawan bicara sudah dibantah. Padahal sebagai orang terdidik mereka tentunya sudah memahami bahwa dalam berdebat kita tidak boleh memotong pembicaraan, berkata kasar, dan tidak menyerang pribadi lawan debat kita.

Agama Islam sendiri membolehkan kita untuk berdebat apabila tujuannya untuk mencari dan menemukan kebenaran dan dilakukan dengan cara-cara yang baik (QS. An Nahl ayat 125),  bahkan debat dengan pemeluk agama lain untuk mencari dan mempertemukan kebenaran diperbolehkan apabila dilakukan dengan cara yang paling baik (QS. Ayat Al Ankabut ayat 46). 

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari perdebatan diantaranya kita bisa mendapatkan wawasan baru dari lawan bicara kita yang berbeda pandangan dengan kita di mana mereka juga memiliki dalil (argumen) sehingga akhirnya kita lebih terbuka dalam menyikapi perbedaan.

Bahwa walaupun debat diperbolehkan namun ada juga perdebatan yang tidak dianjurkan yaitu berdebat dengan orang bodoh yang tidak mengerti masalah dan berdebat dengan orang yang tidak ingin mencari kebenaran. Perdebatan jenis ini lebih baik dihindari karena biasanya hanya akan menimbulkan pertengkaran yang berujung pada permusuhan.

Perdebatan atau adu mulut banyak terjadi dalam kehidupan masyarakat kita. Mulai dari hal yang kecil sampai besar. Banyak hal yang di debatkan mulai dari masalah teologi, politik, agama maupun budaya. Tempat berdebat bisa terjadi di kampus, kantor, kedai kopi, kafe atau dimana saja Ketika dua atau beberapa orang berkumpul. 

Berdebat adalah bagian dari cara kaum terdidik ketika ingin menyelesaikan perbedaan pendapat atau untuk menyakinkan lawan bicaranya. Akhir dari perdebatan adalah pendapat kita diterima sebagai kebenaran atau pendapat lawan yang kita terima atau masing-masing pihak tetap berpegang pada pendapatnya masing-masing. Namun seorang yang rendah hati biasanya akan menerima pendapat lawan bicaranya kalau memang pendapatnya itu benar.

Perdebatan yang ideal seharunya dilakukan antara dua atau beberapa orang  yang setara atau paling tidak saling mendekati dalam kapasitas keilmuannya. Bagi yang berilmu Jangan berdebat dengan orang bodoh, karena perdebatan semacam itu hanyalah sia-sia. Dan terakhir  Perdebatan kadang bisa menyebabkan emosi meluap-luap, oleh karena itu ketika ingin berdebat maka hati-hatilah dalam memilih lawan debat anda. Jangan sampai emosinya lebih besar dari isi kepalanya.

Wallahu’alam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran