Langsung ke konten utama

APAKAH KIAMAT SUDAH DEKAT

APAKAH KIAMAT SUDAH DEKAT

Beberapa tahun yang lalu dunia dihebohkan dengan prediksi bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Hal ini mengacu pada perhitungan penanggalan bangsa Maya kuno yang menyatakan bahwa dunia akan berakhir pada 2012. Kalangan paranormal menilai angka 12 sebagai angka bencana tabrakan. Lalu perhitungan dan kepercayaan itu dikaitkan dengan kemungkinan terjadinya tabrakan antarplanet atau banyaknya meteor yang akan menubruk bumi. Prediksi mengenai dekatnya kiamat ini sempat membuat banyak manusia was-was, khawatir dan takut. Salah seorang selebritis yang sempat diwawancarai oleh sebuah televisi swasta di tanah air mengaku belum siap. Ia berharap agar dunia tidak kiamat dulu sebab ia belum menikah dan mereguk kenikmatan dunia. 

Dunia memang tidak kiamat sesuai dengan dengan apa yang diprediksi terjadi pada tahun 2012. Prediksi tentang kiamat sebenarnya juga pernah terjadi pada tahun 200 M, seorang filosof Hippolytus, seorang cendekiawan Roma yang menjadi Kristen, mengajarkan bahwa dunia akan berakhir pada 500 M. ternyata pada 500 M, kekaisaran Roma barat runtuh. Roma kiamat, tetapi dunia belum berakhir. Dunia masih berjalan seperti biasanya. 

Namun apakah ini berarti bahwa kepercayaan tentang kiamat adalah sekedar mitos ?

Yang membedakan antara orang yang beriman dan yang tidak beriman adalah keyakinan akan hari akhir (kiamat). Namun Al-Qur’an lebih jauh mengatakan bahwa kebanyakan orang pada akhirnya akan mengingkari Hari kiamat (QS. Aal-Ghafir ayat 59)

Di barat sekarang ini yang berlandaskan sekularisme, semakin banyak orang yang menjadi atheis dan kehilangan kepercayaan kepada agama justru karena semakin tinggi pendidikannya. Mereka menuntut segala sesuatu dengan pembuktian, apabila sesuatu itu tidak bisa dibuktikan secara empiris berarti sesuatu itu adalah mitos bagi mereka. Ini adalah akibat pengaruh paham sekularisme dimana agama disingkirkan dari dunia Pendidikan.

Bagi orang yang beriman kepercayaan tentang kiamat tumbuh dari keimanan kepada kitab suci,  bukan tumbuh dari ramalan ataupun prediksi-prediksi dari fenomena alam. Kitab suci alquran mengatakan bahwa kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan padanya dan pada saat kiamat itu terjadi maka Allah akan membangkitkan siapapun yang di dalam kubur untuk mempertanggungjawabkan seluruh perbuatannya selama di dunia (QS. Al Hajj ayat 7).

Kepercayaan akan datangnya hari akhir sangat besar pengaruhnya bagi kejiwaan manusia, dia tentu akan sangat berhati-hati dalam menjalani hidupnya, dia tidak akan membunuh, mencuri atau menindas orang lain.

Banyak sekali orang yang berbuat kebajikan di dunia ini, namun tidak memperoleh ganjaran atas kebajikannya, dan banyak pula orang yang berbuat kejahatan di dunia ini yang tidak terkena atau lolos dari hukuman, padahal keadilan menuntut supaya kebaikan di balas imbalan yang baik dan kejahatan di balas dengan hukuman. Itulah makanya Tuhan menjadikan kiamat untuk menegakkan keadilan yang hakiki.

Lalu kapan terjadinya kiamat itu ?
Alquran mengatakan terjadinya kiamat tidak ada yang mengetahui (QS. Lukman ayat 34). Para malaikat, Nabi dan Rasul sekalipun tidak mengetahui kapan terjadinya kiamat kecuali hanya Allah yang tahu.

Allah sengaja merahasiakan terjadinya kiamat supaya manusia mendapat balasan sesuai dengan apa yang ia usahakan (QS. Taha ayat 15).

Wallahu’alam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran