Langsung ke konten utama

ISLAM, WANITA DAN REVOLUSI FEMINISME MODERN

ISLAM, WANITA DAN REVOLUSI FEMINISME MODERN

Feminisme merupakan konsep pemikiran yang menuntut adanya kesetaraan hak dan keadilan yang sama pada wanita dengan kaum pria. Konsep ini mengatakan bahwa selain sistem reproduksi maka tidak ada yang berbeda antara pria dan Wanita. Kalau Wanita penakut maka laki-laki juga banyak yang penakut, kalau laki-laki bisa mengendarai kendaraan maka Wanita juga bisa melakukannya. Intinya apa yang bisa dilakukan oleh laki-laki maka Wanita juga bisa melakukannya

-------------

Gerakan feminisme pertama kali muncul dari barat. feminisme adalah Gerakan pemikiran yang memperjuangkan hak-hak perempuan yang menuntut adanya kesetaraan hak dan keadilan dengan kaum pria. Dalam perkembangannya Gerakan feminisme melahirkan banyak aliran seperti feminisme Liberal,  Feminisme Radikal, Feminisme Marxis-Sosialis, feminisme Psikoanalis Gender, Feminisme Eksistensialis, feminisme Pasca-Modern, feminisme Multikultural dan Global., dan aliran feminisme Ekofeminisme.

Bahwa secara umum gerakan feminisme memiliki tujuan yang sama yaitu mereka ingin membebaskan perempuan dari budaya patriarki dan memperjuangan kesetaraan gender. Patriarki adalah sebuah sistem sosial yang dinilai menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan dan mendominasi dalam peran kepemimpinan politik, otoritas moral, hak sosial, dan penguasaan property, sementara kesetaraan gender adalah dimana laki-laki dan perempuan adalah setara dan memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Budaya Patriarki yang telah berjalan selama ini, oleh feminisme dianggap sebagai pemicu terjadinya banyak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Kasus Pelecehan Seksual, eksploitasi perempuan, banyaknya pernikahan dini oleh perempuan, diksriminasi Pendidikan bagi perempuan, dan bentuk penindasan lainnya terhadap perempuan. Oleh karena itu mereka menuntut adanya kesetaraan hak dan kewajiban dengan laki-laki.

Gerakan feminisme menginspirasi banyak Wanita di dunia. Di Indonesia sendiri pelopor feminisme adalah RA. Kartini yang kemudian banyak diikuti oleh perempuan-perempuan Indonesia yang mengenyam Pendidikan tinggi baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Dalam perkembangannya di dunia termasuk Indonesia, Gerakan feminisme atau emansipasi Wanita ini telah banyak berhasil dalam memperjuangkan kesetaraan hak dengan laki-laki.

Sekarang ini perempuan dengan laki-laki telah memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan, memiliki hak yang sama dengan laki-laki untuk berkarir dan menempati posisi yang setara dalam berbagai bidang pekerjaan. Di bidang Politik dan pemerintahan di banyak negara bahkan sudah banyak perempuan yang menjadi presiden, Perdana Menteri, Menteri, Pimpinan tertinggi berbagai Lembaga, Instansi, hingga perusahaan. Bahkan sudah banyak perempuan yang mengungguli laki-laki sehingga di dalam rumah tangga tidak sedikit laki-laki yang tergabung dalam ISTI (Ikatan suami takut Istri) hehe.

Pandangan Islam terhadap feminisme modern
Islam datang ke dunia ini untuk memuliakan manusia, laki-laki dan perempuan dan menyatakan bahwa yang paling mulia diantara kalian adalah yang paling bertaqwa (QS. Al hujurat ayat 13).

Islam tidak pernah membeda-bedakan laki-laki dan perempuan secara tidak adil. Alquran mengatakan “laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar (QS. Al Ahzab ayat 35).

Nabi saw juga menyatakan bahwa seluruh umat manusia (laki-laki dan perempuan) akan berdiri di hadapan Allah pada hari akhir setara di pandangannya seperti gerigi sisir.

Islam bahkan mengangkat derajat perempuan sampai pada status yang tinggi. Nabi saw mengatakan “bahwa surga berada di telapak kaki Ibu” yang menuntut anak-anaknya memuliakan ibunya tiga kali lipat dibanding ayahnya.

Namun demikian walau Islam menyatakan bahwa Perempuan dan laki-laki adalah setara namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda karena perbedaan jenis kelamin. kodrat perempuan adalah hamil, melahirkan, dan menyusui sementara laki-laki adalah membuahi, oleh karena itu perempuan perlu dibebaskan dari kewajiban untuk mencari nafkah dan mewajibkan laki-laki untuk menafkahi, menjaga dan melindungi Wanita dan pada gilirannya mewajibkan seorang Wanita untuk taat kepada suami atau walinya. 

Laki-laki dan Wanita diciptakan untuk berpasangan (QS. Asy-Syuara ayat 11). 
Laki-laki dan Wanita harus menikah atas nama Allah dan hidup sesuai dengan petunjukNya maka Ketika itu terjadi maka Allah akan menempatkan cinta dan kebaikan diantara hati mereka sehingga akibatnya mereka akan mengalami Sakinah yaitu kedamaian, kepuasan dan ketenangan.

BOLEHKAH PEREMPUAN BEKERJA DILUAR RUMAH UNTUK MENCARI NAFKAH
pria karena secara fisik lebih kuat dan perkasa maka berfungsi sebagai pelindung dan pemimpin dalam keluarga. Dulu pekerjaan banyak yang mengandalkan fisik seperti bertani, berkebun, menggembala binatang, dan berburu maka pria lebih dituntut untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Namun saat ini dengan perkembangan zaman dimana pekerjaan lebih banyak yang menuntut menggunakan otak/pikiran dan tidak lagi pekerjaan kasar yang mengandalkan fisik maka Wanita tentunya dapat mengambil peran lebih sebagai pencari nafkah.  

Ada aktivis feminisme yang mengatakan bahwa perempuan tidak dapat bebas dari dominasi laki-laki selama masih memiliki ketergantungan finansial terhadap laki-laki. Mereka melihat ketergantungan ekonomi sebagai penyebab utama penaklukkan perempuan kepada laki-laki, oleh karena itu perempuan harus keluar rumah bekerja dan mencari uang sendiri untuk menghilangkan ketergantungannya kepada laki-laki. 

Tapi disinilah kemudian yang menjadi perhatian bagi Wanita. Ketika seorang Wanita telah bekerja diluar rumah dan bercampur dengan laki-laki dalam sebuah Gedung atau ruangan. Mereka bekerja dari pagi sampai sore bahkan sampai malam. Apa resiko yang kemungkinan bisa terjadi kemudian dengan Wanita (Istri) anda ?

Ketika Wanita anda pergi bekerja, mereka berpakaian menarik dan berdandan agar tampak menarik dan dihargai. Ada pria yang memiliki mata yang takut kepada Allah SWT, namun ada juga sebagian dari mereka yang menjadi buaya. Sehingga istri anda digigit oleh buaya itu di kantor atau anda yang menjadi buaya di kantor dan perceraian menyusul kemudian.

Hati pria dan wanita terluka dan tersakiti saat perceraian terjadi, namun yang menjadi korban utama dalam perceraian adalah anak-anak, hatinya sakit dan hidupnya juga sakit! Jutaan anak-anak Amerika dan Eropa menjadi korban perceraian dan jumlahnya selalu meningkat. Apa yang terjadi dengan anak-anak ini. Mereka tumbuh dan berkembang dengan perilaku yang menjunjung kekerasan sebagai ekspresi apa yang terjadi di dalam hati mereka.

Sehingga anda akan menemukan senjata tajam di sekolah (tawuran dan perploncoan), mereka menggunakan narkoba untuk mengobati rasa sakit yang terlalu berat untuk mereka rasakan. Mereka mengkonsumsi narkoba, dan ketika mereka memasuki masa puber, mereka mencari cinta yang tidak mereka temukan di rumah kepada teman dekatnya. Gadis 14 tahun melakukan dua kali aborsi dan mereka sebut itu kemajuan. inilah yang terjadi di banyak tempat di dunia saat ini.

Ketika Istri laki-laki itu bekerja diluar rumah pagi sampai sore bahkan malam, maka Ketika Istri mereka pulang dalam keadaan Lelah dan mereka ingin diperhatikan namun tidak mendapatkan perhatian, apa yang terjadi ? 

suami yang kesepian dan hasratnya tidak tersalur itu akan mencari Wanita lain. Tapi dia tidak ingin bercerai ? maka yang dia lakukan adalah mencari Wanita diluar sana yang bisa dia tiduri. Ini banyak terjadi namun banyak orang yang abai

Sekarang banyak pekerjaan yang gampang menghasilkan uang banyak namun menuntut Wanita cantik dan seksi sehingga Wanita yang muda dan cantik itu tampil tanpa malu-malu lagi untuk iklan, film, fotografi, tubuhnya dinikmati, dieksploitasi dan direndahkan dan Ketika kecantikan fisik  dan daya tariknya mulai berkurang maka dia dibuang dan tidak dipakai lagi karena banyak gadis remaja yang antri bergegas untuk menggantikannya dalam industry hiburan.

Nabi Muhammad saw memperingatkan mengenai tipu daya yang akan memperbudak perempuan dimana “perempuan akan berpakaian namun telanjang. Tubuh Wanita telanjang itu digunakan untuk mengantar ke revolusi seksual yang akan mencapai puncaknya dimana akan banyak anak-anak yang lahir di luar nikah dan “orang-orang melakukan hubungan seks ditempat umum. 

Banyak perempuan yang terlalu jauh dalam mengejar karir dan uang sehingga melupakan kodratnya sebagai perempuan. Apa yang terjadi kemudian ?

Islam mengingatkan bahwa laki-laki dan perempuan berbeda secara fungsional maka Jika anda bermain-main dengan perbedaan fungsi ini, maka anda akan mendapatkan malapetaka.
Bahwa jika wanita tidak dibatasi dalam mengambil alih peranan dan fungsi pria, maka wanita akan melakukan apa saja yang dilakukan pria. Maka kita saksikan sekarang berbagai pekerjaan dilakukan Wanita dan bahkan sekarang semua cabang olahraga ada Wanita. ada sepak bola Wanita, ada tinju Wanita, ada satpam Wanita dan sebagainya. Wanita karena tuntutan pekerjaan kemudian berubah menjadi maskulin, suaranya kemudian menyerupai pria karena pekerjaan menuntut dia harus tampak berwibawa.

Saat ini karena tuntutan pekerjaan, mengejar karir dan uang, banyak Wanita di berbagai negara tidak tertarik lagi menikah, mereka kehilangan romantisme untuk dipeluk oleh laki-laki akibatnya semakin banyak Wanita yang memilih melajang dan fokus pada karir dan enggan memiliki anak karena dianggap biayanya mahal. Cina melaporkan bahwa populasinya telah menyusut untuk pertama kalinya dalam enam dekade terakhir. Korea selatan dan Jepang telah mengumumkan bahwa tingkat kelahiran di jepang telah jatuh hingga mencapai rekor terendah, begitu pula dengan singapura yang melaporkan bahwa negaranya mengalami resesi seks karena rakyatnya sudah enggan dan malas berhubungan seks. 
(ttps://www.kompas.id/baca/internasional/2023/03/01/jepang-china-pusing-memikirkan-turunnya-angka-kelahiran) dan (https://www.viva.co.id/berita/dunia/1580347-resesi-seks-di-singapura-bikin-pening-pemerintah-sampai-obral-kewarganegaraan

Alquran telah menganalogikan laki-laki dan perempuan dengan siang dan malam. Siang adalah laki-laki dan malam adalah perempuan. (QS Al lail ayat 1-3)

Allah menginginkan malam untuk tetap menjadi malam, dan siang untuk tetap menjadi siang. Siang selalu merindukan malam. ketika waktu malam tiba, terjadi kekuatan daya tarik yang sangat kuat diantara keduanya.  siang akan menghampiri malam, lihat apa yang terjadi? 
Disitu  banyak sekali gairah dan kegembiraan. 

Namun apa yang terjadi ketika malam hendak menjadi siang, Wanita ingin menjadi laki-laki? Apa yang terjadi ketika wanita kehilangan sifat feminimnya? Apa yang terjadi ketika siang tidak tertarik lagi  kepada malam? 

Bukan apa yang akan terjadi tetapi apa yang sudah terjadi saat ini? 
Siang tidak lagi menikah dengan malam, sehingga homoseksual dan lesbian adalah produk dari Persamaan Gender ini. 
Wallahu’alam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran