Langsung ke konten utama

PROPAGANDA(Menguak industri kebohongan)

PROPAGANDA
(Menguak industri kebohongan) 

Nabi saw bersabda,”Pada akhir zaman akan ada golongan pembohong besar, jadi waspadalah terhadap mereka (HR. Muslim).
Suatu kebohongan yang sekali disebarkan akan didengar oleh hampir seluruh manusia. Inilah kebohongan yang kemudian disampaikan oleh media-media mainstream.
----------------
Di tahun 1995 Sagan menulis buku yang berjudul The Demon Haunted World. Pada bukunya tersebut Sagan menulis, “Suatu ketika akan ada kekuatan teknologi yang luar biasa yang berada dalam kontrol segelintir orang, dan tak seorang-pun tahu masalah tersebut.”

Secara singkat, Carl Sagan berbicara tentang satu kata yaitu PROPAGANDA.

Propaganda adalah usaha yang disengaja dan dilakukan secara sistematis dengan menggunakan segala cara untuk memanipulasi orang-orang agar mereka percaya dan diharapkan berperilaku sesuai dengan sesuatu yang tidak benar.

Sesuatu yang tidak benar itu adalah kebohongan yang sengaja terus menerus disampaikan kepada publik sehingga akhirnya publik mempercayainya sebagai kebenaran. Propaganda dengan demikian menutupi kebohongan dan membuat orang kehilangan kemampuan  untuk mempertanyakan apa yang sesungguhnya terjadi dan hanya mengikuti saja skenario yang sedang dimainkan.

Alat propaganda yang utama adalah media massa seperti televisi, surat kabar, majalah, dan media sosial (Facebook, You tube, Instagram, Twiter). 

Lalu siapa sebenarnya yang menguasai hampir seluruh media-media mainstream di dunia saat ini yang mengontrol apa berita yang akan kita konsumsi ?

Mereka adalah kelompok kartel elit global yang mengendalikan hampir seluruh pemerintahan dunia (deep state) termasuk mengendalikan pemerintahan Amerika serikat. Mereka juga yang kini mengarahkan seluruh masyarakat global menuju agenda tatanan dunia baru (New World Order) yaitu satu pemerintahan dunia.

Pembuat propaganda adalah penyebar kebohongan (Hoaks). Siapa pembuat hoaks terbesar? pembuat hoaks terbesar adalah penguasa karena mereka memiliki semua sumber daya yang ada untuk bisa berbohong, ini Kata Rocky Gerung. 

Lalu siapa penguasa Global saat ini ?
Amerika serikat. Ketika terjadi peledakan Gedung world trade center (WTC), hampir semua media-media mainstream memberitakan bahwa pelakunya adalah al qaida yang Islam.  Padahal pelaku sebenarnya yang merencanakan dan melaksanakan serangan dalam peristiwa yang terkenal dengan 9/11 tersebut adalah mengarah kepada pemerintah AS sendiri -  Kerjasama antara CIA, M16 dan Mossad Israel (ini dipercaya oleh rakyat Amerika sendiri).

Amerika serikat melalui media-media mainstream sengaja menyebarkan Hoaks bahwa pelaku peledakan WTC adalah Al qaida padahal tujuan sebenarnya adalah mendapatkan restu dunia untuk menyerang Afghanistan dan Irak atas nama perang melawan terorisme. Kebohongan dan penipuan yang sama juga pernah disampaikan bahwa Irak memiliki persenjataan kimia dan itu menjadi alasan bagi Amerika dan sekutunya untuk menyerang Irak dan akhirnya menghukum mati Presiden Saddam Husein. Faktanya kemudian Irak tidak memiliki senjata kimia.

Apa tujuan media mainstream menyebarkan berita tentang Kopit setiap harinya kepada kita? Bukankah untuk memanipulasi pikiran kita?
Kenapa begitu banyak orang ketakutan saat pandemi berlangsung? Kenapa orang membiarkan dirinya berada dalam ketakutan? Siapa yang menjadi penyebar ketakutan? Bagaimana proses ketakutan tersebut berlangsung? Mengapa kemudian vaksin adalah solusi dari Covid? Siapa pemilik Industri vaksin dunia sekarang ini.

Kalo anda mencoba mempertanyakan suatu propaganda maka anda akan mendapat labelling (sebutan) penganut teori konspirasi. Teori konspirasi adalah label yang ditujukan kepada setiap orang atau kelompok yang mempertanyakan atau mempersoalkan sesuatu yang memang seharusnya patut dipertanyakan. sasarannya adalah membungkam orang tersebut. Jadi kalo ada orang yang sedikit-sedikit teriak ‘teori konspirasi’ di berbagai platform media (terutama digital) atas content yang berbeda dengan yang ada di media mainstream, maka mereka juga sebenarnya sudah termakan propaganda.

Propaganda terus berkembang, kalau dulu hanya untuk tujuan politik tertentu sekarang telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang . Apa yang mau kita makan, model pakaian apa yang akan kita pakai, pilihan politik kita akan kemana, siapa tokoh yang akan kita kagumi dan jadikan idola, siapa yang jadi pahlawan dan siapa penjahat, apa selera orang kaya, apa barang yang harus kita miliki dan sebagainya semuanya ditentukan oleh propaganda. 

Propaganda adalah alat pengendalian pikiran masyarakat. Tanpa sadar kita diperintah, pikiran-pikiran kita ditata, selera-selera kita dibentuk dan ini dilakukan oleh orang yang tidak pernah kita kenali. Para propagandis beroperasi dibalik layar. Melalui propaganda massa dapat dihasut untuk bertindak. 

Tanpa kita sadari, kita telah hidup dalam kondisi penuh propaganda. Mulai dari yang kecil hingga yang besar. Propaganda selalu memiliki agenda tersembunyi. Di dalam negeri sendiri, contoh propaganda adalah penggulingan Soekarno yang ternyata didalangi oleh CIA, penjatuhan kurs Rupiah di tahun 1997 yang didalangi oleh Bank Dunia dan IMF, dibatalkannya sejumlah proyek produksi vital di jaman BJ Habibie yang ternyata untuk membunuh karya anak bangsa, terpecahnya anak bangsa jadi cebong dan kampret yang ternyata tujuannya untuk mengadu domba rakyat dalam pemilu, adalah segelintir propaganda yang dibuat oleh elit lokal dan elit globalis.

Untuk memahami suatu propaganda, Alquran mengingatkan,“Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu (QS. Al Hujurat ayat 6).

Jadi untuk memahami propaganda Kita harus sedikit punya bakat intelijen, menyerap semua informasi, kemudian memilah-milah informasi tersebut, kemudian menganalisanya sendiri hingga kita menemukan kebenaran yang sebenarnya. Ciri dari suatu kebenaran adalah tidak ada kontradiksi di dalamnya. Jadi benturkan berita-berita yang anda kumpulkan dan jangan terpaku hanya pada berita mainstream tapi juga ambil berita dari sumber lain yang boleh jadi bertolak belakang. 

Masihkah anda terus mau dibohongi !

Wallahu’alam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran