Langsung ke konten utama

ESKATOLOGI ISLAM(Ilmu Akhir zaman untuk memahami realitas dunia modern)

ESKATOLOGI ISLAM
(Ilmu Akhir zaman untuk memahami realitas dunia modern)

Sesaat sebelum Nabi Muhammad saw wafat (81 hari sebelum wafatnya Nabi saw) Allah swt mengutus malaikat jibril yang menyamar (dalam bentuk) sebagai manusia untuk mendatangi Nabi Muhammad saw.

Sahabat Nabi, Umar bin Khattab ra bercerita  : 
Suatu ketika, kami (para sahabat) duduk di dekat Rasululah saw., tiba-tiba muncul kepada kami seorang lelaki mengenakan pakaian yang sangat putih dan rambutnya amat hitam. Tak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan, dan tak ada seorang pun di antara kami yang mengenalnya. Ia segera duduk di hadapan Nabi, lalu lututnya disandarkan kepada lutut Nabi dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua paha Nabi.

kemudian ia berkata,“Hai, Muhammad, beritahukan kepadaku tentang Islam ?
Nabi saw menjawab,” Islam adalah engkau bersaksi tidak ada yang berhak disembah melainkan hanya Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasul Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan engkau menunaikan haji ke Baitullah, jika engkau telah mampu melakukannya.

Lelaki itu berkata,”Engkau benar! maka kami heran, ia yang bertanya ia pula yang membenarkannya. 

Kemudian ia bertanya lagi,“beritahukan kepadaku tentang Iman ? 
Nabi saw menjawab,”Iman adalah, engkau beriman kepada Allah, malaikatNya, kitab-kitabNya, para RasulNya, hari Akhir, dan beriman kepada takdir Allah yang baik dan yang buruk.

Lelaki itu kembali berkata, “Engkau benar.” Dia bertanya lagi,“beritahukan kepadaku tentang ihsan?
Nabi saw  menjawab,”Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya. Kalaupun engkau tidak melihatNya, sesungguhnya Dia melihatmu.” 

Lelaki itu berkata lagi,“ beritahukan kepadaku kapan terjadi Kiamat?  Nabi saw menjawab,”Yang ditanya tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya.” 

Dia pun bertanya lagi,“beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya ? 
Nabi menjawab,”Jika seorang budak wanita telah melahirkan tuannya, jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa) serta pengembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi.

Kemudian lelaki tersebut segera pergi. Aku pun terdiam, sehingga Nabi bertanya kepadaku,“Wahai, Umar! Tahukah engkau, siapa yang bertanya tadi? Aku menjawab ,”Allah dan RasulNya lebih mengetahui,” Beliau bersabda,”Dia adalah Jibril yang mengajarkan kalian tentang agama kalian.” [HR. Muslim]

Mengapa Allah swt. mengutus malaikat jibril dengan cara ini. Dengan begitu banyak drama dan cara yang tak terlupakan dan kedua mengapa dia mengutusnya tepat sebelum Nabi saw meninggal dan setelah Allah menurunkan wahyunya bahwa agama telah sempurna dan tugas Nabi  sudah selesai (QS. Al Maidah ayat 3)

Bahwa belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah malaikat dalam bentuk wujud manusia datang langsung di depan semua orang. pertama kali malaikat jibril datang dalam bentuk wujud manusia adalah ketika mendatangi Maryam. Tapi hanya Maryam seorang. Bukan di depan orang banyak.

Jadi kedatangan malaikat jibril dalam wujud manusia di depan banyak sahabat Nabi Ini adalah untuk mengesankan bahwa apa yang disampaikan dalam peristwa ini adalah sesuatu yang sangat penting. Untuk menjadi perhatian umatnya terutama pada akhir zaman.

hadis diatas adalah menuntun kita umat Islam bahwa salah satu Ilmu yang sangat penting untuk dipelajari oleh umat Islam saat ini adalah ilmu akhir zaman (Eskatologi Islam). Masing-masing agama samawi seperti yahudi dan Nasrani juga memiliki ilmu eskatologi yang dalam beberapa hal memiliki perbedaan dengan Islam dalam memahami peristiwa yang akan terjadi pada akhir zaman nanti (tanda dekatnya hari kiamat).

Ilmu eskatologi Islam bersumber dari alquran dan hadis. Anda beberapa manfaat yang anda peroleh dengan mempelajari ilmu eskatologi Islam yaitu pertama anda akan mampu mengenal tanda-tanda akhir zaman di era modern sekarang, kedua anda mampu menganalisa kejadian-kejadian yang sedang terjadi di dunia yang merupakan bagian dari huru hara akhir zaman meskipun tampak di permukaan sebagai peristiwa biasa saja. Ketiga anda mampu mengenali bentuk penipuan terbesar di akhir zaman yang ternyata di dalangi oleh  Al Masih dajjal yang di dalam hadis disimbolkan bahwa dajjal membawa air padahal hakekatnya api dan api padahal hakekatnya air. keempat anda akan memiliki pengetahuan bagaimana menjaga keyakinan dan iman anda agar terhindari dari fitnah Al Masih dajjal yang bersembunyi di balik peradaban modern yang materialisme.

Untuk memahami ilmu eskatologi Islam seorang pembelajar perlu mengkombinasikan ilmu agama (berdasarkan alquran dan hadis) dan sejarah dunia untuk membuka misteri kejadian-kejadian aneh dalam peta politik dunia saat ini. dengan mempelajari ini anda akan sampai pada kesimpulan bahwa dunia saat ini berada dalam serangan fitnah Al Masih dajjal yang agendanya dilaksanakan oleh Yakjuj dan Makjuj. 

Pertanyaannya siapakah dajjal (anti kristus) dan Yakjuj dan Makjuj  (gog and Magog) itu?
Rasulullah saw bersabda,”bacalah 10 ayat pertama surat Al Kahfi untuk melindungi diri dari fitnah dajjal (HR. Muslim, Ibnu Hibban).
Surat Al Kahfi adalah satu-satunya surat alquran yang berhubungan langsung dengan Dajjal dan Yakjuj Makjuj. Surat ini sangat penting untuk memahami realita akhir zaman dan oleh karena itu kita dituntut untuk mempelajari surat ini. 

Surat al-Kahfi mengandung empat kisah, beberapa disajikan sebagai cerita, sementara yang lain disajikan sebagai perumpamaan. Kisah pertama, tentang para pemuda dan gua, Kisah kedua tentang perumpamaan orang kaya dan orang miskin, Kisah ketiga mengenai Musa as dan Khidir, dan kisah keempat dan yang terakhir adalah tentang penjelajah agung yaitu raja zulkarnaen.

Bahwa inti dalam pembahasan mengenai eskatologi Islam adalah bagaimana menghubungkan rangkaian peristiwa yang terjadi dalam sejarah untuk memahami realitas zaman modern ini dengan panduan alquran dan hadis. Ada beberapa hal yang menjadi kajian dalam eskatologi Islam diantaranya adalah bagaimana memahami sejarah dan peristiwa dibawah ini :
1. Bagaimana memahami fenomena yang muncul dalam sejarah yaitu tampilnya peradaban barat modern yang kemudian mengendalikan seluruh dunia dalam cengkeraman besinya. Dari sana mesin uap, kereta listrik, pesawat terbang, dan persenjataan nuklir ditemukan. Namun semua kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi itu mereka gunakan untuk melakukan imprealisme dan kolonialisme ke seluruh dunia. Tidak ada tempat di dunia ini yang memiliki banyak harta kekayaan kecuali mereka mendatanginya. Melalui penjajahan ekonomi dan politik mereka memaksakana agendanya keseluruh dunia. Moralitas, agama, budaya dan semua aspek kehidupan manusia mereka rusak.  Ekonomi yang adil mereka ganti dengan ekonomi berbasis riba dimana yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. mereka memperkenalkan revolusi seks yang membawa manusia dalam pergaulan bebas dan penyimpangan seksual. Agama dipinggirkan dalam kehidupan dengan paham sekularisme dan komunisme. Namun demikian mereka mengaku sebagai orang yang beradab yang ingin memaksa semua manusia agar mengikuti cara hidup mereka. Siapa sebenarnya arsitek dibalik kemunculan  peradaban barat modern yang sekuler dan materialistis ini?

2. Bangsa yahudi dahulunya adalah bangsa yang tidak punya Negara. Sebelumnya mereka tinggal ditanah suci yeruselem sebagai tanah yang dijanjikan namun kemudian mereka diusir oleh Tuhan dari tanah suci itu karena melanggar syarat-syarat pewarisan tanah suci. Selama 2000 tahun bangsa yahudi diaspora keseluruh dunia tanpa punya negara dan mereka tersebar di berbagai macam negara.
     Namun saat ini mereka telah kembali lagi ke tanah suci yeruselem dan mendirikan Negara Israel. Nah bagaimana kita menjelaskan fenomena kembalinya bangsa yahudi ini ke tanah suci yeruselem ?
Apa sebenarnya agenda misterius dengan kembalinya bangsa Yahudi ke Tanah suci Yeruselem dan kemudian mendirikan negara Israel pada tahun 1948 ?

3. Mengapa Inggris dan Amerika Serikat selalu mendukung negara Israel?
     mengapa Pemerintah Inggris dan Amerika Serikat yang mayoritas penduduknya beragama Kristen selalu mendukung Israel yang mayoritas penduduknya beragama Yahudi? Bukankah sejak dulu Yahudi dan Kristen selalu bermusuhan dimana orang Yahudi menganggap orang Kristen sebagai “kafir” karena menyembah Trinitas, bukan menyembah satu Tuhan. Sedangkan orang Kristen membenci Yahudi karena telah membunuh Yesus? Siapa arsitek yang merancang itu semua?

     Lalu mengapa Inggris menjadi negara yang paling pertama memperjuangkan kembalinya bangsa yahudi ke tanah suci yeruselem  melalui Deklarasi Balfour dan kemudian mendukung pendirian Negara Israel dan mengapa kemudian Amerika serikat menggantikan peran Inggris sebagai Negara yang paling melindungi Negara kecil Israel di Timur tengah.

     Kenapa Negara Super power AS yang berjarak ribuan km mau didikte untuk menjadi pelindung negara kecil Israel dengan menempatkan ratusan basis militer di Timur tengah? 
     Kenapa presiden Super power AS yang bukan orang Yahudi malah yang memproklamirkan Yerusalem sebagai  Ibukota baru Israel?

4. Bagaimana menjelaskan realitas dunia dimana secara aneh dan misterius Amerika serikat dan barat melancarkan perang yang tidak adil terhadap Islam dan Muslim atas nama perang melawan terorisme. Mereka menghancurkan dan membunuh orang-orang muslim yang ada di Afghanistan, Irak, Suriah, Somalia, Sudan dan berbagai belahan dunia lainnya, dan perang ini sampai sekarang terus dilancarkan ? apa agenda sebenarnya dari Amerika serikat dalam melancarkan perang atas nama terorisme ?

5. Bagaimana memahami adanya penemuan jasad firaun tahun 1898 yang bersamaan dengan pendirian Gerakan Zionisme Internasional dengan ayat alquran yang berbunyi “Maka pada hari ini Kami selamatkan jasadmu agar engkau dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang setelahmu, tetapi kebanyakan manusia tidak mengindahkan tanda-tanda (kekuasaan) Kami (QS. Yunus ayat 92)

6. Mengapa Dajjal bergelar Al Masih Dajjal, bukankah itu adalah gelar yang disematkan kepada Nabi Isa atau Yesus, bagaimana menjelaskan hal ini ?

7. Bagaimana memahami hadis Nabi bahwa Dajjal tinggal di dunia selama 40 hari dimana sehari seperti setahun, sehari seperti sebulan, sehari seperti seminggu, dan kemudian hari-harinya seperti hari-hari kalian. Pertanyaan selanjutnya adalah di bagian bumi mana Dajjal berada saat periode hidup ‘seharinya seperti setahun’, dan kemudian ‘seharinya seperti sebulan’, dan akhirnya ‘seharinya seperti sepekan’?

8. Yakjuj dan Makjuj itu adalah manusia keturunan Adam (HR. Muslim). lokasi tempat dia dikurung dengan tembok dari besi oleh raja Zulkarnaen dijelaskan di dalam QS. Al Kahfi. Nah mengapa sampai sekarang para ulama, pemikir, cendekiawan Islam tidak ada yang berusaha mencari lokasi tempat yakjuj dan Makjuj itu dikurung, bukankah dengan kemajuan tekhnologi ketika eksplorasi bumi dibantu dengan teknologi satelit yang super canggih (goggle Earth) maka siapa pun dapat melihat potret setiap inci permukaan bumi dengan demikian tentunya tidak sulit mencari di mana suatu wilayah berada termasuk lokasi dimana yakjuj dan makjuj terkurung. 

9. Bagaimana memahami munculnya dua dunia Kristen yang sama-sama memiliki kekuatan persenjataan nuklir terbesar di dunia namun mereka saling bermusuhan satu sama lain yaitu Kristen barat yang berpusat di roma Vatikan dan Kristen Timur ortodoks yang berpusat di Rusia.

10. Bagaimana memahami peristiwa sejarah dunia dalam bidang ekonomi dimana uang emas (dinar) dan perak (dirham) ditarik dari peredaran sebagai alat tukar dalam perdagangan dan kemudian diganti dengan uang kertas dollar yang hanya membutuhkan mesin cetak, tinta dan kertas untuk mencetaknya. Lalu siapa sebenarnya yang punya otoritas mencetak uang kertas dollar ini

11. Bagaimana memahami system ekonomi moneter yang berlaku di dunia saat ini dengan nubuat Nabi saw yang mengatakan,” Sungguh akan datang suatu zaman atas manusia, dimana tak seorang pun yang hidup saat itu, kecuali makan riba. Barangsiapa yang tidak memakannya, akan terkena debunya (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah )

12. Bagaimana memahami munculnya kelompok-kelompok keagamaan dalam Islam yang mana Sebagian dari mereka mengkafirkan dan menyesatkan satu sama lain. 

13. Bagaimana memahami munculnya revolusi feminisme modern yang diprakarsai oleh barat yang kemudian mendorong para Wanita untuk bersaing dengan laki-laki di sektor publik dan menggantikan peran fungsional lak-laki.

14. Bagaimana memahami Topik tentang 10 tanda-tanda besar akhir zaman terutama subjek tentang Dajjal, Yakjuj dan Makjuj, turunnya Kembali Nabi Isa as (Yesus) ke dunia ini dan Imam Mahdi.

Itu adalah beberapa pembahasan di dalam ilmu eskatologi Islam yang dianalisa berdasarkan panduan alquran dan hadis untuk mengenal dan memahami realitas dunia modern. Kami yakin hanya ulama yang dengannya hati mereka dapat melihat yang dapat memahami kenyataan dunia saat ini. Hanya mereka yang mempelajari dan kemudian menghubungkan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di dunia dengan menggunakan pendekatan religius dan bukan hanya sekedar melihat dari aspek sejarah, politik maupun ekonomi, yang dapat memahami bahwa ini adalah merupakan peringatan akan tanda-tanda Tuhan (Ayatullah) bahwa dunia sedang mengarah pada suatu momen yang menentukan dalam sejarah umat manusia.
Wallahu’alam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran