Langsung ke konten utama

SELAMAT DATANG RAMADHAN


SELAMAT DATANG RAMADHAN
Bulan ramadhan adalah bulan dimana kaum muslimin di manapun dia berada di wajibkan untuk berpuasa.
Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa (QS. Al Baqarah ayat 183)

Allah memanggil anda yang mengaku beriman untuk berpuasa. Tidak ada pilihan lain anda harus berpuasa. Anda harus tunduk dan patuh kepadaNya. Tapi dia maha penyayang, tentu ada pengecualian dimana anda boleh tidak berpuasa jika sedang bepergian dan akan sangat berat bagi anda untuk berpuasa, tapi anda harus menggantinya di lain waktu ketika perjalanan anda selesai , jika anda sakit maka anda dapat menggantinya ketika kesehatan anda sudah pulih, dan jika anda secara permanen lumpuh/tidak sanggup berpuasa maka anda harus memberikan tebusan/fidyah yaitu memberi makan seorang miskin setiap harinya.

Bahwa kaum muslimin diwajibkan berpuasa karena puasa ini juga diwajibkan atas umat sebelum mereka. siapa mereka itu? salah satunya adalah kepada kaum yang Allah menurunkan kitab taurat kepadanya, yaitu kaum yahudi yang sekarang ada di madinah.

Saat baru tiba di Madinah Nabi dan kaum muslimin berpuasa bersama dengan orang-orang yahudi pada hari-hari yang telah ditentukan bagi kaum yahudi berpuasa sesuai dengan hukum pada kitab taurat yaitu berpuasa tidak makan dan minum sejak terbenamnya matahari sampai terbenam matahari berikutnya, semalamam dan sampai hari berikutnya. Selama berpuasa mereka juga dilarang bercampur dengan Istrinya.

Mengapa Nabi saw dan kaum muslimin berpuasa mengikuti hukum puasa dalam kitab taurat ? Allah ingin agar kaum Yahudi yang ada di Madinah berpikir, mengapa Muhammad dan kaum muslimin berpuasa mengikuti hukum dalam kitab taurat,  oh tentunya dia membawa agama yang sama sebagaimana yang diturunkan kepada Ibrahim dan Musa, Muhammad ini tentu seorang nabinya Tuhan karena dia mengikuti Taurat. Tapi mata hati mereka buta karena ditutupi oleh kesombongannya. mereka tetap tidak mengakui Muhammad sebagai Nabi setelah diberi kesempatan beberapa waktu untuk berpikir, maka Allah kemudian menurunkan wahyu alquran kepada Muhammad saw yang mewajibkan puasa pada bulan ramadhan (QS. Al Baqarah ayat 185).

kaum muslim tidak lagi mengikuti hukum puasa orang yahudi dalam kitab taurat tapi mengikuti hukum puasa dalam Alquran yaitu  “makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam yaitu fajr (QS. Al Baqarah ayat 187). sekarang hukum puasa adalah dimulai dari fajar dan berakhir pada saat matahari tenggelam, diwajibkan setiap hari selama satu bulan penuh.

Dan sekarang kaum muslimin diperbolehkan juga pada malam hari bulan ramadhan untuk berhubungan seks dengan istri mereka. “telah dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa untuk bercampur dengan istrimu. (QS. Al Baqarah ayat 187).

Mengapa Allah mengganti hukumnya, dulu tidak boleh sekarang boleh, dulu haram sekarang halal, dulu kaum muslim mengacu pada kitab taurat tidak boleh berhubungan seks dengan istri mereka pada malam hari pada saat berpuasa, sekarang diperbolehkan ?

Allah maha bijaksana. saat siang mendekati malam, saat lelaki mendekati wanita ada kesenangan, ada energi listrik di udara, dan saat siang akhirnya menemui malam, matahari akan jatuh ke pelukan malam seperti bola api jatuh. Ada waktu untuk istirahat dan tidur. Ada waktu untuk cinta. Dan saat siang masuk dalam pelukan malam, perhatikan apa yang terjadi. ini adalah kekuatan hasrat antara lelaki dan perempuan

Allah mengetahui apa yang kamu pikirkan kaum muslimin. Allah mengetahui engkau tidak bisa menahan nafsumu ketika berdekatan dengan istrimu pada malam hari, oleh karena itu Allah mengetahui apa yang kamu lakukan secara diam-diam ketika kamu berpuasa pada malam harinya, karena itu Allah mengampuni kamu, memaafkan kamu tanpa kamu harus mengakui apa yang telah kamu lakukan.
Maka sekarang campurilah istri-istri kalian Pada malam hari di bulan Ramadhan.

Hukum baru ini membuat seluruh kaum muslimin penduduk madinah tersenyum karena hukum baru dalam alquran ini lebih baik daripada hukum puasa yang ada dalam taurat.
Hukum baru ini juga membuat kaum muslimin menjadi umat yang baru dimana sebelumnya mereka dengan yahudi membentuk satu umat. Kaum muslim dulu shalat menghadap ke yeruselem sama dengan yahudi, kaum muslim berpuasa dengan hukum puasa yang sama dengan umat yahudi dalam kitab taurat, dan sekarang kaum muslim adalah umat yang baru dan mereka (yahudi) tidak menyukainya ……… sampai sekarang.

PUASA ADALAH PERJALANAN MENUJU ALLAH


Kita bersyukur Allah mengaruniakan Ramadhan kepada kita umat Islam. Ramadhan menyatukan keluarga kita dan menyatukan umat islam secara keseluruhan. Alangkah baiknya apabila bulan ini semua umat islam menjadikan ramadhan sebagai momentum untuk mengokohkan tali persaudaraan sesama muslim, bukan saja dengan memberikan sedekah tapi senyuman juga merupakan sedekah.

Banyak dari mereka yang dluar sana yang cemburu sekaligus heran melihat umat Islam punya ramadhan. Mereka cemburu karena tahu manfaat dari puasa bagi kesehatan jasmani Tapi mereka juga heran ramadhan membuat seluruh dunia Islam bangun. Mereka terkejut, kita semua umat Islam tiba-tiba berpuasa dengan tidak makan dan minum serta melupakan kesenangan bersama istri sewaktu berpuasa tapi walaupun demikian semua umat Islam bergembira. Mereka disuruh melaparkan diri dan menjauhi kesenangan tapi mereka bergembira, Orang macam apakah orang Islam ini ?

Mereka lebih heran lagi apabila ramadhan akan berakhir seharusnya semua orang Islam bergembira karena mereka bisa bebas kembali, bebas makan dan minum dan bersenang-senang dengan istri mereka, tapi mengapa justru mereka menangis, menangis meninggalkan ramadhan. manusia jenis apakah orang islam ini ?

Mereka tidak tahu, Inilah Iman. Hanya orang beriman yang bisa memahami ini semua, mereka yang tidak beriman tidak akan bisa mengerti.
“wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa…. Ini adalah panggilan Iman. Yang tidak memiliki Iman tidak akan mendatangi panggilan ini. Iman tidak di jual di pasar sentral, di supermarket atau di bursa saham.

Iman hanya bisa di miliki oleh orang yang mau menengok ke atas langit. Barulah Tuhan yang di langit  sana memberikan Iman itu. Tuhan itu adalah Allah swt. Dia tidak punya anak dan tidak diperanakkan. Tuhan yang diatas sana akan murka apabila anda mengatakan bahwa dia punya anak dan bahwa dia adalah Bapa.

Allah memanggil anda yang punya Iman agar berpuasa supaya bertakwa…. tapi anda tidak akan bisa menjadi orang yang bertaqwa kalau anda berpuasa hanya sekedar tidak makan dan minum tapi anda juga harus berhenti melakukan dosa dan mulai hidup untuk Allah.
PUASA ADALAH PERJALANAN MENUJU ALLAH

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN PADA BULAN RAMADHAN INI
Allah menentukan bulan ramadhan sebagai bulan puasa karena pada bulan tersebut Alquran diturunkan secara bertahap sampai selesai. Jadi ketika kita berpuasa di bulan ramadhan Allah mengajak atau mengingatkan kita untuk kembali pada alquran. Membaca, mempelajari dan berusaha memahami isinya.

Alquran ini adalah sebuah kitab, sebuah buku yang tidak ada keraguan di dalamnya (QS. Al Baqarah ayat 2). petunjuk bagi manusia yang mau mengambil petunjuk darinya. siapa yang mau mengambil petunjuk darinya maka tidak akan pernah tersesat, siapa yang berhujjah dengan alquran maka kebenaran keluar dari lisannya.

Ketika membaca alquran kita harus menggerakkan mulut kita sehingga suara kita dapat mengeluarkan lantunan dari ayat-ayat alquran sehingga terdengar oleh telinga kita. Kita membaca alquran dari awal hingga akhir dibulan ramadhan.

Seorang sahabat mendatangi Rasulullah saw dan berkata “berapa lama waktu yang sebaiknya kami butuhkan dalam menamatkan alquran (membaca dari awal hingga akhir)
Rasulullah menjawab “bacalah Alquran dari awal hingga akhir (hingga tamat) dalam satu bulan (hijriah) sebanyak satu kali.
Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah adakah kita telah membiasakan diri kita untuk menamatkan alquran minimal 1 bulan sekali terutama pada bulan ramadhan ? kalau anda sampai saat ini tidak pernah membuka alquran dan membacanya maka kasihanilah diri anda, karena anda tidak pernah menikmati kebahagiaan dalam membaca alquran.

Lalu mengapa kita harus selalu membaca alquran ?
Pertama karena alquran berisi petunjuk dan penjelas segala sesuatu (QS. An nahl ayat 89).

Bagaimana kita memperoleh petunjuk yang benar dalam menjalani hidup sebagai seorang muslim apabila kita tidak pernah membaca alquran, bagaimana kita bisa menemukan jawaban atas peristiwa-peristiwa aneh yang terjadi di dunia ini kalau kita tidak mempelajari alquran.

Kedua, membaca alquran menjadi obat (syifa) bagi penyakit baik jasmani maupun rohani (QS. Al Isra ayat 82).
Baru-baru ini di media sosial beredar tulisan Nasrullah, penulis buku magnet rejeki, yang membagikan pengalamannya dalam menangani pasien dalam pengawasan (PDP) karena Covid 19, dimana dengan menggunakan terapi alquran yaitu semua pasien diminta dengan ikhlas agar selalu membaca alquran dan hasilnya ? atas kuasa Allah, lebih dari 95% pasien PDP yang ditanganinya berhasil sembuh dan pulang kembali ke rumah.

Ketiga membaca alquran akan mendapatkan pahala.
Nabi saw bersabda,”siapa yang membaca satu huruf dari alquran maka baginya sepuluh pahala (HR. Tirmidzi)

Keempat, anda akan mendapatkan ketenangan hati, karena membaca alquran adalah dzikir yang paling utama (QS. Ar Ra’du ayat 28)

Kelima, dan ini yang paling utama, bacalah alquran dalam shalat anda, terutama dalam melaksanakan shalat tarawih (shalat tahajjud).
Nabi saw bersabda,”amalan puasa dan membaca alquran akan memberi syafaat bagi seorang hamba di hari kiamat. puasa berkata : wahai Rabb, akan telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya. Dan alquran berkata : aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya, maka keduanyapun diizinkan memberi syafaat (HR. Ahmad)

Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang dimudahkan hatinya untuk selalu mau membaca alquran. Amiin.
Wallahu’alam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem