Langsung ke konten utama

MEMBUKA TOPENG PAHAM MATERIALISME



MEMBUKA TOPENG PAHAM MATERIALISME
Pendiri Komunisme adalah Karl Marx dan bukunya Das Kapital adalah landasan Komunisme. Salah satu yang mendorongnya membuat ideologi komunisme adalah karena masalah sosial dimana pada saat itu di eropa terjadi ketidakadilan dimana kaum buruhnya mengalami penindasan oleh kaum borjuis sehingga menuntut dia untuk tampil berdiri menentang kapitalisme.  

Pemikiran karl marx kemudian diikuti oleh para penganut komunisme di seluruh dunia. Untuk melancarkan revolusinya kaum komunis mengkampanyekan slogan tanah untuk para petani, pabrik dan industri untuk kaum buruh, dan kematian bagi kaum borjuis. menurut mereka Kaum borjuis harus dihilangkan karena mereka adalah manusia-manusia serakah yang hanya mementingkan dirinya sendiri dengan menindas kaum petani dan buruh.

Memang tidak dapat dipungkiri fakta bahwa ekonomi kapitalis yang bertumpu pada kekuatan modal mendorong kekayaan hanya terkonsentrasi pada segelintir orang sehingga terjadi gap kesenjangan yang sangat lebar dan ini memicu kecemburuan sosial. Itulah mengapa revolusi komunis hanya memiliki tempat di negara dengan masyarakat kapitalis, yang kaum petani dan buruhnya mengalami penindasan dan ketidakadilan.

Revolusi komunisme memulai sasarannya pada kekaisaran Rusia.
mengapa Rusia yang dipilih ? Karena Kekaisaran Rusia adalah pusat Kristen pada masa itu dimana Institusi gereja memiliki peranan yang sangat besar dalam mempengaruhi kebijakan Pemerintah.

Namun komunisme sulit untuk masuk ke dalam masyarakat Rusia karena saat itu  Rusia merupakan negara agraris yang 77 persen populasinya adalah petani. Jadi yang pertama kali harus dilakukan oleh arsitek komunis ini adalah kembangkan dulu kapitalisme dan kemudian gunakan kekuatan pemberontak proletar untuk menghancurkannya.

Bahwa kemudian secara aneh Kekaisaran Rusia berkembang menjadi sebuah Negara Industri dan secara perlahan-lahan mengarah kepada kapitalisme. Banyak petani yang kehilangan tanahnya akibat industri dan kemudian menjadi buruh di pabrik-pabrik.

Rusia mulai bergolak dengan munculnya kaum komunis yang kemudian mendirikan  partai Politik. Pendukung partai komunis Rusia ini kemudian disebut kaum Bolshevik. Revolusi komunisme kemudian mencapai puncaknya ketika kaum bolshevik berhasil meruntuhkan kekuasaan kekaisaran Rusia yang bertumpu pada gereja dan menjadikannya menjadi Negara Uni soviet.
Paham filsafat materialisme yang menjadi salah satu pilar ideologi komunis kemudian disempurnakan dengan menerapkan sekularisme di Rusia yaitu pemisahan antara Negara dan gereja. Institusi agama tidak boleh lagi mencampuri urusan pemerintahan. agama untuk agama dan Negara untuk Negara.

Namun setelah bertahan selama 70 tahun, uni soviet sebagai simbol komunisme dunia akhirnya tumbang dan bubar pada tahun 1991. Dan sekarang diatas reruntuhan uni soviet berdiri kembali Negara Rusia. Rakyat Rusia memilih meninggalkan komunisme karena dianggap tidak memiliki masa depan yang jelas dan sekarang kembali kepada gereja dengan agama Kristen sebagai panduannya.

Apa yang ingin di sampaikan di sini dari sekelumit sejarah diatas adalah beberapa pertanyaan yang membutuhkan jawaban kita ?

Pertama, dari mana modal besar itu bisa masuk ke dalam ekonomi kekaisaran Rusia dan kemudian Rusia bisa begitu cepat berubah menjadi Negara Industri ?
kedua, Pertanyaan yang sama bisa diajukan kepada Cina yaitu mengapa Cina tiba-tiba muncul menjadi raksasa ekonomi dunia dan militer dalam waktu begitu cepat padahal sebelumnya mereka mengurung diri dari dunia luar ?
ketiga, Pertanyaan yang sama bisa diajukan lagi ke belakang, mengapa Amerika pasca perang dunia pertama tahun 1917 dan perang dunia kedua tahun 1945 tiba-tiba muncul menjadi raksasa ekonomi dan militer dunia menggantikan imperium Inggris yang hampir selama ratusan tahun menjajah 2/3 wilayah dunia?

Apakah ini kebetulan ?

Hanya Tuhan yang tahu. Tapi yang pasti setiap peristwa besar ada pemicunya. Tidak terjadi secara kebetulan.
Dan bagaimana kita melihat semua ini? saya memilih untuk tidak melihat dari kaca mata analisa politik yang ditulis oleh sejarawan politik. Saya memilih dari sudut pandang agama yang saya pahami bahwa peristiwa besar dunia di awal dan kedepan dalam kehidupan manusia adalah menjauhkan manusia dari agama sebagai panduan.

Di mana pun di dunia ini terdapat agama  sebagai panduan dalam suatu wilayah (Negara), maka itu yang akan dihancurkan. Agama yang saya maksud di sini adalah Kristen dan Islam sebagai agama wahyu yang diturunkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Kekaisaran Rusia adalah salah satunya. Rusia adalah pusat Kristen di eropa timur.  Oleh karena itu sayap Kristen di Rusia harus di patahkan. Dan setelah mereka berhasil menumbangkan Institusi gereja maka mereka kemudian menjadikan komunisme sebagai ideologi Negara, Kekaisaran Rusia mereka ganti menjadi uni soviet.

Kemana lagi mereka masuk ?
Mereka juga menyusup ke dalam pemerintahan kerajaan Islam Otoman Turki, dengan melancarkan perang secara terus menerus selama 600 tahun dengan Kristen eropa timur yang mereka sebut sebagai perang suci. Jihad bagi Islam dan salib bagi Kristen. Tujuannya untuk menanamkan kebencian permanen diantara umat beragama.

Mereka juga yang akhirnya menghancurkan kekhalifahan kerajaan ottoman turki yang menjadikan Islam sebagai sistem bernegara sehingga lenyap dari muka bumi. Mereka menyusup dengan membawa 98 persen kebenaran tapi menuangkan 2 persen racun dan itu tidak disadari oleh umat Islam sehingga mereka meminumnya yang akhirnya membunuh mereka.

Itulah paham materialisme yang disusupkan oleh mereka. Paham materialisme ini juga menyusup ke dalam semua sistem kehidupan manusia termasuk dunia pemikiran.
Sebenarnya pemikiran komunis yang dikembangkan oleh Karl Marx, juga sudah pernah dikembangkan oleh pemikir-pemikir sebelumnya yang semuanya bermuara pada teori materialisme. Dalam bidang sosiologi ada Husserl dan Spencer , dalam etika dan hukum   oleh John Stewart Mill dan Feuerbach menerapkan teori materialisme ke dalam bidang metafisika.

Tapi pemikir yang paling fenomenal adalah Charles Darwin yang membuat hipotesis sebab akibat dalam bidang biologi yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk yang mengalami evolusi sebelum menjadi yang seperti sekarang ini.
Darwin  berkata bahwa kehidupan di bumi sudah muncul dari bentuk yang lebih sederhana, perubahan dimulai dari amuba sampai perubahan akhir manusia, yang disebut mutasi kera. Oleh karena Darwin berkata kita semua adalah seekor kera.

Dari sudut pandang Ilmiah teori evolusi Darwin bisa diterima, tapi bukan kebenaran dari teorinya bahwa manusia berasal dari kera. Menurut alquran Manusia juga berproses melalui cara ilmiah tidak dalam bentuk tubuh manusia langsung  tapi berasal dari embrio dalam bentuk yang berbeda. Bentuk embrio itu jelek, seperti kadal, dan terus berubah bentuk sampai menjadi bayi normal. Setiap manusia berubah bentuk dalam rahim ibunya.

Bahwa teori ilmiah tentang proses kejadian manusia di dalam alquran itu  pernah dikembangkan oleh ilmuwan Islam diantaranya dalam buku Ibn Miskawayh, yang kemudian oleh Darwin dijiplak dan di modifikasi menurut versinya.
Jadi teori Darwin sebenarnya adalah sebuah fiksi.

Tujuan Darwin dari teorinya sebenarnya ingin menafikan keberadaan Tuhan sebagai pencipta makhluk hidup namun dengan cara-cara yang tampak seperti ilmiah untuk mengelabui manusia.

Mengapa dan apa maksudnya ?

Karena saat itu di dunia terjadi konflik besar antara para pemimpin Gereja dan para pemimpin Pencerahan (Enlightenment). Para pemikir kaum pencerahan yang merasa di kekang dan ditindas berusaha untuk menghancurkan Gereja dan institusi keagamaannya. Gereja saat itu dianggap sebagai perwakilan Tuhan di bumi. Dan karena Negara tunduk pada gereja maka Negara adalah kedaulatan Tuhan di muka bumi.
Jadi mereka menyusun sebuah teori paham materialisme bagaimana agar Tuhan yang diagungkan oleh gereja itu dapat disangkal. Jika Tuhan dianggap tidak terlibat dalam keberadaan alam maka seluruh struktur agama akan runtuh ke tanah.

Darwin misalnya memberikan kita teori sebab-akibat mekanis dalam biologi untuk menjelaskan asal-usul dari semua hal yang ada. Bahwa segala sesuatu muncul dengan sendirinya di alam semesta ini seperti halnya manusia yang mengalami evolusi.
Jadi Pemikiran dan paham Materialisme ini sebenarnya adalah pesanan untuk melawan agama.

Bahwa dengan demikian hampir semua teori pemikiran yang menjadikan materialisme sebagai pondasinya muncul bukan karena pertimbangan objektif tapi karena tuntutan subjektif yang tujuan utamanya sebenarnya adalah menghilangkan gagasan tentang Tuhan.

Ketika Tuhan dianggap tidak ada, itu berarti tidak ada alam gaib, tidak ada akhirat dan tidak ada pertanggungjawaban perbuatan manusia terhadap Tuhan.
Dan saat itu dipercaya manusia maka Iblis akan bertepuk tangan karena misinya telah selesai untuk menyesatkan manusia (QS. Al A’raf ayat 16-17)

BAGAIMANA AGAMA MEMANDANG PAHAM MATERIALISME
Materialisme menganggap dunia tidak diciptakan oleh Tuhan, tetapi dunia dan manusia muncul dengan sendirinya atau kebetulan melalui proses evolusi. Menurutnya dunia ini murni materi. Paham materialisme  tidak memberikan ruang bagi Tuhan atau nilai-nilai akhlak. Oleh karena manusia muncul ke dunia ini secara kebetulan, maka tidak ada ikatan  yang menuntut mereka untuk berperilaku baik kepada manusia lainnya.
Jika saya seorang milyarder dan saya bertemu sesama manusia yang kelaparan, maka saya tidak punya kewajiban untuk menolongnya.Itulah prinsipnya.

Agama tidak bisa menerima teori materialisme ini.  Islam mempercayai bahwa Tuhanlah yang menciptakan alam semesta dan manusia adalah ciptaannya. Manusia yang beriman adalah yang memiliki etika hidup yaitu akhlak. Bahwa cinta kepada Tuhan sama halnya dengan cinta kepada sesama manusia. Seseorang tidak bisa mengaku cinta kepada Tuhan dan pada saat yang sama berbuat tidak baik kepada sesama manusia. menurut Islam, seorang bukan disebut mukmin kalau dia tidur dalam keadaan kenyang sementara tetangganya kelaparan.

Orang barat cenderung mengembangkan pandangan materialistis karena konten ateistiknya yaitu manusia hanya hidup di dunia ini saja dan tidak ada pertanggungjawaban di akhirat. Boleh jadi kecenderungan untuk mendukung ateisme secara emosional dikarenakan sejarah kelam permusuhan Barat terhadap Gereja.Itulah mengapa gereja di barat saat ini semakin banyak ditinggalkan.

Hal yang sama juga berlaku di dunia Islam, Paham materialisme telah mendorong kaum muslimin menghabiskan sebagian besar waktunya di luar rumah untuk mengejar harta, pangkat dan jabatan dengan melupakan agamanya.

Dan paham materialisme pula yang membuat kaum muslimin ingin seperti barat, sehingga apa yang dikatakan Nabi saw menjadi kenyataan saat ini, “kamu akan mengikuti mereka sehingga sekiranya mereka masuk ke dalam lubang biawak sekalipun kalian pasti akan mengikuti mereka (HR. Muslim)

Mereka membawa bikini maka muslimah pun memakainya di muka umum, di pantai dan kolam renang demi bayaran sebagai bintang Iklan. Mereka membawa kapitalisme dan liberalisme dalam ekonomi maka kaum muslimin pun menerapkan di negaranya. Mereka membawa seks bebas, tinggal serumah tanpa nikah atas nama HAM maka kaum muslimin pun melakukannya. Lalu apa yang membedakan kita dengan mereka sekarang ?

Wallahu’alam

Komentar

  1. Terimakasih sudah berbagi info dan pengetahuannya, semoga bermanfaat,.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran