Langsung ke konten utama

INILAH SHALAT YANG DIPERINTAHKAN ALLAH


INILAH SHALAT YANG DIPERINTAHKAN ALLAH

Shalat adalah sebuah ibadah yang diperintahkan Allah swt kepada hambaNya yang ingin menyembahNya. Shalat itu dimulai dengan berdiri kemudian takbir, ruku, sujud dan diakhiri dengan salam. Gerakan-gerakan itulah yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menyembahNya.

Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa pada saat Nabi saw melaksanakan Mi’raj beliau menyaksikan para malaikat dan penduduk langit beribadah dengan kesungguhannya. Ada malaikat yang beribadah terus menerus berdiri, ada yang terus menerus ruku, ada pula yang bersujud, ada pula yang merendahkan sayapnya. Ibadah malaikat ini menimbulkan kekaguman di dalam diri Nabi, sehingga beliau meminta kepada Allah agar ibadah itu diperuntukkan juga bagi umatnya, lalu Allah  swt. menghimpunkan semua ibadah para malaikat itu dalam shalat lima waktu.

Shalat untuk mengingat Allah
Shalat adalah media pensucian diri dan untuk mendapatkan nur (cahaya) dari Allah. Anda akan hidup dalam kegelapan apabila tidak ada cahaya yang menuntun anda. Itulah mengapa sebelum melaksanakan shalat seseorang di wajibkan berwudhu terlebih dahulu.

Dunia ini bukan surga. Ada banyak penderitaan di dalamnya. Shalat adalah tempat manusia mengadukan segala penderitaan, kesusahan dan kesedihannya kepada Allah.

Shalat juga mendekatkan seseorang kepada Allah. Orang yang selalu menginginkan kedekatan denganNya akan selalu memperbanyak shalat.
Pengembara spiritual berkata, shalat adalah waktu untuk berhubungan dan berdekatan dengan Allah. Tentu yang di maksud bukan kedekatan jasmani tapi kedekatan ruhani kepadaNya.
Jasmani manusia ada di bumi, tapi hati atau ruhnya bisa naik ke langit dengan shalat.  Itulah maka hati harus hadir dalam shalat. Nabi menyebutnya Ihsan yaitu engkau beribadah seakan-akan engkau melihat Allah atau engkau menyadari bahwa engkau dilihat oleh Allah.

Bahwa ketika engkau menyadari bahwa Allah melihatmu maka engkau akan merendahkan diri, tunduk di hadapannya seperti seorang hamba di hadapan Tuannya. Ketika itu sering engkau lakukan maka rahmat Allah akan turun kepadaMu. Hatimu menjadi lembut.

Untuk sampai pada posisi ihsan dalam beribadah maka niat dan keikhlasan harus dijaga. Hati harus hadir terus mengingatnya. Berkata Nabi saw, segala sesuatu selain Allah adalah batil (HR. Bukhari-Muslim).

Banyak diantara kita yang shalat tapi hati kita kosong dari mengingatNya. Selesai shalat kita merasa gembira karena kewajiban sudah kita laksanakan.

Apa pendapat kalian apabila ada orang menghadap kepada raja namun ia menoleh ke kanan dan ke kiri dan tidak menghadapkan wajahnya kepada sang raja maka tentu raja ini akan marah. Demikianlah orang yang mengerjakan shalat dengan tidak menghadirkan hatinya mengingatNya. Jasmaninya melaksanakan gerakan shalat tapi batinnya kosong dari mengingatnya. shalat seperti itu akan dilemparkan dihadapannya bagaikan kain kasar yang kotor.
Semoga Allah memberikan kita semua hati yang khusyu yaitu hati yang selalu hadir mengingatNya ketika mengerjakan shalat. Amiin.

Wallahu’alam

TENTANG SHALAT DHUHA

Nabi Saw menganjurkan umat Islam untuk mengerjakan shalat Dhuha minimal dua rakaat setiap hari.
Nabi saw bersabda,”setiap pagi masing-masing ruas anggota badanmu itu wajib dikeluarkan shadaqahnya.  Setiap tasbih adalah shadaqah.  Setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil shadaqah, setiap takbir shadaqah, menyuruh untuk berbuat baik adalah shadaqah, dan melarang dari perbuatan mungkar adalah shadaqah. Semuanya itu bisa dicukupi dengan dua rakaat Dhuha yang ia kerjakan (HR. Muslim).

Dan bagi anda yang istiqomah dalam melaksanakan shalat Dhuha.
Nabi saw bersabda,” Sesungguhnya surga itu mempunyai satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha. pada hari kiamat nanti akan ada seruan,’ Dimanakah orang-orang yang melanggengkan shalat Dhuha. Inilah pintumu maka masuklah lewat pintu ini.

Mudah-mudahan kita termasuk orang yang senantiasa istiqamah dalam melaksanakan shalat Dhuha. Amiin


CARA MENYIKAPI FITNAH DAJJAL.

Nabi saw bersabda,” Dajjal akan hidup didunia selama 40 hari. 1 hari akan seperti setahun, satu hari yang akan seperti sebulan, satu hari yang akan seperti seminggu, dan kemudian setelah itu hari-hari selanjutnya sama seperti hari-hari kalian (HR. Bukhari Muslim).

Hadis diatas dapat ditafsirkan bahwa 3 hari pertama Dajjal di bumi adalah berada dalam dimensi yang lain yaitu fase kehidupan di alam gaib atau lebih mudah memahami kalau kita anggap dia masih di alam Jin yaitu melalui proses tahapan atau bayangan sehari seperti setahun, sehari seperti sebulan, dan sehari seperti seminggu.
Jadi dajjal menampakkan dirinya dalam bentuk manusia di dunia hanya selama 37 hari sebelum akhirnya dibunuh oleh Nabi Isa as.

Jadi yang berbahaya dari Dajjal bukanlah pada saat dia muncul dalam bentuk manusia tapi adalah fitnah yang disebarkannya ketika dia masih berada dalam dimensi lain yang tidak terlihat oleh mata manusia (untuk memahami lebih jauh tentang subjek ini silahkan anda baca tulisan kami, memahami fitnah dajjal dan nubuat akhir zaman).

Bagaimana cara dajjal dalam melancarkan fitnahnya kepada umat manusia ?
Salah satunya adalah melalui berita yang disebarkan oleh media.
Medialah yang meracuni sebagian besar pikiran manusia melalui propaganda-propaganda, penggiringan opini, berita hoaks, menebar kebencian, kebohongan, pensesatan dan pengkafiran.

Nabi saw bersabda”bahwa diakhir zaman akan hadir pembohong-pembohong besar”, jadi hati-hati! dari mana kebohongan besar itu berasal, kebohongan yang sekali disampaikan tetapi bisa langsung didengar oleh jutaan manusia, itulah kebohongan yang disampaikan oleh seseorang melalui media. kebohongan-kebohongan yang canggih dan rumit, membungkus kebohongan dengan kebenaran, ada kebohongan normal, dan ada kebohongan besar.

Nabi Saw kembali mengingatkan kita “bahwa suatu zaman akan datang dimana sesuatu akan tampak tidak sebagaimana aslinya.”  Ya, Saat ini kita berada pada suatu zaman dimana segala sesuatu tampak tidak sesuai aslinya, inilah dunia pencitraan.

Oleh karena itu jangan pernah langsung percaya sebelum meneliti. Gunakan akal sehat anda dalam mencerna sesuatu. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum mengambil kesimpulan.

Hendaklah kaum muslimin selalu waspada saat mendengar atau membaca informasi baik dari televisi ataupun media. Alquran sudah memandu kita untuk tidak langsung mempercayai saat ada berita yang sampai kepada kita terutama berita menyangkut seseorang atau suatu kelompok atau suatu Negara.
“ wahai orang-orang yang beriman jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita (media, televisi), maka telitilah kebenarannya” (QS. Al Hujurat ayat 6).

Bagaimana petunjuk Nabi saw agar terhindar dari fitnah Dajjal
Pertama anda harus senantiasa membaca Alquran. Waktu terbaik untuk membaca Alquran adalah pagi hari, anda membaca Alquran dari awal hingga akhir (Khatam), dan ketika anda telah khatam mulai lagi  dari awal dan seterusnya. Anda khatamkan Alquran sebulan, dua bulan atau tiga bulan sekali dalam hidup anda. ketika anda terus menerus membaca Alquran sampai khatam, Shifa di dalamnya menyembuhkan (QS. Yunus ayat 57) dan memberikan cahaya di dalam hati anda. Bacaan alquran itu juga akan membantu kerusakan syaraf dan memori anda  yang disebabkan oleh gelombang elektromagnetik Dajjal yang telah membanjiri dunia saat ini dari Smarphone, ponsel, komputer, dan laptop anda. Gelombang elektromagnetik ini sudah mencegah lebah dari bernavigasi untuk membuat madu.

kedua setiap mengakhiri bacaan takhiyat akhir (sebelum salam) baik sholat wajib maupun sholat sunat bacalah doa :
Allhumma inni a’uudzubika min ‘adzaabi jahannama wa min ‘adzaabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaati ma win syarri fitnatil mashiid dajjal
“ Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari  azab neraka jahanam, dan dari azab kubur, dan dari fitnah hidup dan kematian, dan lindungilah kami dari fitnah Al Masih Dajjal (Dajjal Al Masih palsu)”.

Ketiga setiap malam jumat (atau boleh kapanpun) bacalah 10 ayat pertama surat Al Kahfi
Wallahu’alam.

Komentar

  1. AJOQQ menyediakan 9 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran