Langsung ke konten utama

KEBIASAAN PENCINTA ALLAH


KEBIASAAN PENCINTA  ALLAH
“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan TuhanMu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji (QS. Al Isra ayat 79).

Salah satu ciri orang  yang jiwanya baik dan bersih adalah senang menyendiri di malam hari karena dengan kesendiriannya itu mereka dapat melaksanakan shalat malam untuk mendekatkan diri kepadaNya. Mereka berkumpul dengan manusia sesuai dengan keperluannya saja. Adapun orang orang yang jiwa mereka belum bersih, mereka gelisah kalau sendiri oleh karena itu mereka suka bercampur dan berhubungan dengan manusia supaya jiwa mereka bisa senang. 
Shalat adalah hidangan Allah swt. untuk semua hambaNya yang mau berkomunikasi denganNya. Para Raja mempunyai pertemuan umum dengan rakyatnya dan mempunyai pertemuan khusus untuk yang dekat dengannya. Pertemuan umum Allah swt.   kepada semua hambaNya yang beriman kepadaNya adalah  melalui shalat lima waktu secara berjamaah di masjid. Akan tetapi  ada pertemuan khusus yang hanya disediakan bagi Allah swt bagi hamba yang dekat denganNya yaitu melalui shalat tahajjud.

shalat tahajjud atau Shalat Malam atau qiyamul lail adalah shalat yang dilaksanakan sebelum tidur  atau sesudah tidur setelah shalat isya sampai masuk waktu subuh. Namun waktu yang terbaik untuk melaksanakannya adalah di sepertiga malam yang terakhir karena Rasulullah saw bersabda, ”Tuhan kita ‘azza wa jalla tiap malam turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang terakhir. Pada saat itu Allah berfirman, “barang siapa yang berdoa kepada-Ku pasti Kukabulkan, barang siapa yang memohon pada-Ku pasti Kuberi, dan barang siapa yang meminta ampun pada-Ku pasti Ku ampuni (HR. Bukhari-Muslim).

Lalu mengapa kita dianjurkan melaksanakan shalat tahajjud  diakhir malam?
Karena shalat pada malam itu lebih tepat untuk khusyu dan bacaan lebih berkesan (QS Al Muzzammil ayat 6).
Oleh karena itu Jika malam telah memasuki sepertiganya dan orang-orang telah tidur, hendaklah engkau bangun dari tempat tidurmu, ingatlah Allah kemudian ambil air wudlu, pakailah pakaian yang bagus dan wewangian, lalu berdirilah menghadap kiblat dengan kerendahan di hadapanNya.

Berdirilah dengan tenang dan hadirkan hatimu kepadaNya,  kemudian takbirlah dengan mengagungkanNya. hadirkan rasa takut (neraka) dan harap (surga) kepadaNya. bacalah dengan tenang dan perdengarkan di telinga anda beberapa ayat Alquran yang anda hafal (QS. Al Muzzammil ayat 20), tapi alangkah baiknya bacalah ayat-ayat yang panjang seperti yang  dilakukan oleh Nabi saw dan orang-orang shaleh. Kalau anda bisa, hafalkannlah beberapa surah yang dianjurkan sering dibaca seperti surah Al Mulk, Al Waqiah, As sajdah, qaf, yasin dan surat-surat yang lain.

Karena membaca Alquran saat itu lebih berkesan dan hati lebih gampang untuk khusyu, maka anda akan merasakan nikmatnya shalat dan anda tidak akan merasakan letih walaupun anda berdiri lama dalam shalat.
laksanakanlah shalat tahajjud beberapa rakaat sesuai kesanggupan anda. Nabi saw biasa melaksanakan shalat tahajjud 11 atau 13 rakaat, kalau anda bisa mencontohnya itu lebih baik bagi anda. setelah selesai  shalat dan dianjurkan 15 menit sebelum memasuki waktu subuh, berdoalah kepadaNya. Mintalah kebaikan dunia dan akhirat. perbanyaklah beristighfar mohon ampun kepadaNya (QS. Az Zariyat ayat 18).

Jadikanlah shalat tahajjud ini sebagai kebiasaan dalam hidup anda. Mudah-mudahan Allah swt memasukkan anda ke dalam golongan hamba-hambaNya yang bertaqwa.
Apa yang anda petik ketika anda sering shalat tahajjud?
Hidup anda akan penuh dengan keberuntungan, hati anda akan bercahaya sehingga pengetahuan akan lebih mudah anda pahami, iman anda akan bertambah karena Allah swt akan menambahkan hidayahNya kepada anda.
Mudah-mudahan Allah swt selalu memudahkan kita untuk melaksanakan salat tahajjud.

Ya Allah masukkanlah kami  ke dalam golongan orang-orang shaleh, dan karuniakanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta hindarkanlah kami dari siksa neraka.
Wallahu’alam bisshowab
oleh : Muhammad Ahsan Thamrin.

Komentar

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran