Langsung ke konten utama

JANGAN JADIKAN INDONESIA MENJADI MEDAN TEMPUR NEGARA LAIN

JANGAN JADIKAN INDONESIA MENJADI MEDAN TEMPUR NEGARA LAIN

Sejarah dunia selalu memunculkan dua atau lebih kekuatan besar dunia yang saling memperebutkan pengaruh untuk menjadi yang terbesar. Sebelum Islam datang, ada 2 (dua) kekuatan besar dunia yang ingin saling mendominasi yaitu kerajaan Persia dan Romawi, dan setelah jatuhnya dua imperium besar ini maka kemudian kekuatan peradaban Islam menggantikannya. lalu setelah kekuataan Islam mulai lemah, muncul kekuatan baru dari negara-negara eropa yang kemudian melakukan kolonialisme dunia seperti portugis, spanyol, inggris dan prancis. pasca perang dunia 1 dan 2 muncul kekuataan baru yang didominasi Amerika serikat dan Uni soviet yang kemudian terlibat dalam perang dingin. Dan sekarang tiba-tiba Rusia dan cina muncul menjadi kekuataan besar bidang militer dan ekonomi yang kemudian menantang hegemoni Amerika serikat .

Bahwa kalau kita perhatikan berbagai pertarungan memperebutkan hegemoni diantara negara-negara besar tersebut secara langsung atau tidak langsung juga menyeret negara-negara lain untuk terlibat dalam pertarungan itu. Dulu sewaktu terjadi perang antara Romawi dan Persia pengaruhnya juga sampai di Mekkah saat itu. Umat Islam mendukung Romawi yang Kristen sementara kaum musyrik Mekkkah mendukung Persia. Ketika tentara Romawi memenangkan peperangan itu kemudian membuat umat Islam yang di Mekkah bergembira (QS. Ar Rum ayat 1-5).

Ketika terjadi perang dingin antara AS dan uni soviet yang juga adalah perang ideologi antara kapitalisme, liberalisme melawan komunisme maka secara tidak langsung Imbas dari pertarungan itu juga terjadi di Indonesia dengan pemberontakan PKI di Madiun dan peristiwa G30S/PKI. Amerika secara tidak langsung menjadikan negara Indonesia untuk menghancurkan komunisme.

Pasca peledakan Gedung WTC 9/11 AS kemudian melancarkan perang atas nama terorisme, ini juga membawa implikasi di dalam negeri dengan pembentukan UU anti terorisme.

Saat ini perang politik dan ekonomi terjadi antara AS dan Cina. Amerika serikat marah dengan cina yang tiba-tiba muncul menjadi raksasa ekonomi dan militer dan berani menantang supremasi Amerika serikat. Di Indonesia sendiri, tiba-tiba  isu komunis dan anti cina menguat dan seolah kita diarahkan untuk membenci Cina. Hal ini boleh jadi karena kebijakan pemerintah sendiri saat ini adalah lebih mendekat kepada cina dalam kerjasama dalam bidang ekonomi dan politik.

Amerika serikat memang pandai memainkan bidak politiknya, dia tidak pernah berperang secara langsung dengan negara yang menjadi musuhnya. Amerika menggunakan negara lain sebagai medan untuk berperang menghancurkan musuhnya baik politik, ideologi maupun ekonomi. Perang Rusia Ukraina sekarang bukanlah perang antara Rusia dan Ukraina tapi adalah perang antara AS/Nato dengan Rusia tapi menggunakan wilayah dan rakyat ukraina. AS hanya mensuplai uang dan senjata bagi tentara ukraina tapi yang mati adalah tentara dan rakyat Ukraina. Ukraina adalah contoh negara yang dipimpin oleh Presiden bodoh yang mau menjadikan negaranya dipakai sebagai medan untuk berperang tanpa memperdulikan kehancuran negaranya.

Dulu Libya adalah negara dengan Pendapatan perkapita (sebelum 2011) mencapai 14.581 Dollar dan Human Development Index Libya adalah yang tertinggi di Afrika, namun karena Amerika serikat marah dengan Pemimpin Libya Moammar Khaddafi yang ingin menjadikan emas sebagai nilai tukar dalam perdagangan dan tidak ingin menggunakan dollar dan franc lagi, maka Moammar Khaddafi kemudian dibunuh oleh pemberontak yang dibiayai oleh Amerika serikat dan Nato. sekarang Libya menjadi negara hancur dan sumur-sumur minyaknya kemudian dikuasai oleh pengusaha-pengusaha Amerika dan Israel.

Kita juga harus paham mengapa kelompok separatis atau kelompok kriminal bersenjata  (KKB ) Papua sulit diberantas, karena memang Amerika serikat ada di belakang kelompok bersenjata ini. Kita mafhum bahwa senjata kelompok KKB adalah disuplai dari papua nugini yang merupakan negara yang berbatasan dengan papua. Dan minggu ini Presiden Joe Biden akan berkunjung ke Papua Nugini. Kita tahu hampir semua negara-negara didunia ingin bertemu dengan presiden Amerika serikat, Namun justru Joe biden terbang langsung ke Papua nugini untuk menemui Presiden papua Nugini. Ada apa ini ? Amerika serikat tentunya menginginkan papua dengan kekayaan alamnya yang luar biasa dan dari segi geo strategi mereka paham betul bahwa siapapun yang menguasai papua, maka akan bisa menguasai Biak sebagai pangkalan militer terbesar di asia pasifik. Amerika menunggu momen seperti Timor-timor untuk melakukan referendum dengan isu yang mereka lemparkan nantinya adalah Ketika kelompok KKB dihancurkan maka mereka sudah siap dengan propaganda melalui media mainstream bahwa terjadi pelanggaran HAM berat di Papua dan mereka akan mendorong PBB untuk memaksakan referendum di Papua.

Masalah-masalah seperti inilah yang sebenarnya harus dipahami oleh elit politik kita. Sudah saatnya elite di Indonesia harus segera melakukan rekonsiliasi dalam agenda-agenda besar menghadapi ancaman dunia dan krisis global ini, bukannya larut dalam akrobat politik wacana koalisi yang terus mereka lakukan saat ini menjelang pemilu. Koalisi partai hanya akan memperdalam polarisasi dan berpotensi membawa ancaman disintegrasi bangsa.

sudah saatnya para elit melakukan rekonsiliasi demi Indonesia masa depan. Langkah Prabowo yang bergabung dalam pemerintahan Jokowi setelah menjadi lawan politik dalam pilpres yang lalu adalah sikap seorang negarawan. Prabowo dengan jiwa besar ingin mengakhiri pembelahan bangsa ini dan memberikan keteladanan bahwa rekonsiliasi bisa dilakukan demi kepentingan negara dan bangsa Indonesia.

Pemilu semakin dekat. Pesan kami kepada mereka : JANGAN PERNAH MENJADIKAN INDONESIA MENJADI MEDAN TEMPUR NEGARA LAIN.

Wallahu’alam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran