Langsung ke konten utama

PUASA MENEMUKAN KEMBALI HATI ANDA


PUASA MENEMUKAN KEMBALI HATI ANDA

“wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa (Al Baqarah ayat 183)

Setiap tahun ketika memasuki bulan Ramadhan Umat Islam diperintahkan Allah swt selama sebulan penuh untuk melaksanakan puasa. Sebagai orang yang beriman, tidak ada pilihan lain anda harus patuh pada perintahNya. Anda harus berpuasa dimana anda tidak boleh makan, minum dan berhubungan seks dengan Istri anda sejak waktu fajar hingga matahari terbenam. Tentu ada pengecualian dimana anda boleh tidak berpuasa jika anda sedang bepergian dan atau anda sedang sakit, namun ketika perjalanan anda telah selesai  atau kesehatan anda sudah pulih kembali, maka anda harus menggantinya di hari lain sebanyak jumlah hari yang anda tinggalkan tidak berpuasa. Adapun yang kondisi badannya menjadikan ia mengalami kesulitan berat bila berpuasa, baik karena usia lanjut atau penyakit yang diduga tidak akan sembuh lagi atau pekerjaan berat yang mesti dan harus dilakukannya sehingga bila ia tinggalkan menyulitkan diri atau keluarga yang ditanggungnya, maka jika ia tidak berpuasa wajib membayar fidyah yaitu memberi makan seorang miskin setiap hari ia tidak berpuasa.

Lalu apa yang membuat anda rela berpuasa menahan lapar dan haus di siang hari ? toh anda bisa saja makan dan minum dan tidak ada yang melihat anda kalau anda membatalkan puasa, tapi kenapa anda tidak melakukannya? Karena Anda berpuasa untuk Allah. Itulah pesan yang hendak disampaikan kepada anda bahwa jika anda bisa berpuasa untuk Allah  kenapa anda tidak bisa hidup untuk Allah. Allah swt. berfirman “katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah karena Allah , Tuhan seluruh alam. jadi puasa yang anda lakukan adalah pendidikan bagi anda untuk mengikhlaskan seluruh hidup anda untukNya.

Puasa adalah pelatihan untuk menyehatkan kembali jasmani dan rohani anda. Ada orang-orang non muslim yang iri dengan umat Islam karena adanya bulan puasa ramadhan , karena mereka mengerti manfaatnya bagi kesehatan jasmani. tapi yang lebih penting dari itu adalah dengan puasa, rohani anda kembali diarahkan pada Allah. mungkin selama sebelas bulan anda sibuk mengejar dunia sehingga anda melupakan sisi spiritual anda. hati anda sakit yang membuat anda malas beribadah. anda lebih senang memperturutkan hawa nafsu.  
Nah dibulan Ramadhan ini  hati anda disehatkan kembali dengan berpuasa, melaksanakan shalat tarawih atau tahajud,  mengeluarkan sedekah, dan menjauhi segala bentuk perbuatan dosa dan maksiat.
Di dalam bulan Ramadhan salah satu amalan yang dianjurkan untuk anda lakukan adalah membaca dan mempelajari Alquran.  Ketika anda terus membaca dan mengkaji Alquran dan kemudian Allah swt. menerima bacaan Alquran anda maka Allah akan memberikan nur/cahaya di dalam hati anda. Dengan cahaya di dalam hati anda maka anda akan melihat dan memahami realitas dunia dimana anda hidup hari ini. Anda akan memahami peristiwa yang sedang terjadi di dunia ini dengan wawasan intuitif spiritual anda. Di dunia saat ini dimana berita dan informasi datang seperti hujan maka banyak kebohongan besar yang dibungkus dengan kebenaran sementara kebenaran yang sebenarnya disembunyikan. dengan cahaya di dalam hati anda maka anda akan dapat mendeteksi kebohongan dan menilai kebenaran itu. Oleh karena itu biasakan terus membaca Alquran dan mohonlah kepada Allah agar dia berkenan memberikan cahayaNya ke dalam hati anda.

Ketika anda berpuasa, anda juga dianjurkan diakhir bulan ramadhan untuk  melakukan itikaf tinggal dimasjid  merenung. Dulu sebelum diangkat sebagai Nabi,  Muhammad saw biasa pergi ke gua digunung untuk menyendiri dan merenung disana. Ketika anda pergi ketempat-tempat sepi, menyendiri berarti anda menarik diri anda dari urusan dunia. ada filosofi dan rasionalitas dibelakangnya dimana ketika anda menarik diri dari dunia, tabir yang menutupi hati anda dan tabir yang menutupi mata anda akan mulai lepas dan anda akan mulai melihat dunia dengan perspektif berbeda. Anda tidak lagi terpesona dengan dunia bahkan mungkin dunia dalam pandangan anda terlihat jelek. selama ini anda memandang dunia sangat cantik tapi sekarang anda melihatnya jelek berarti kecantikan dunia ini adalah tipuan dan ketika anda menyadari itu anda mulai berhati-hati dengannya. kenapa? karena hati anda telah melihat dimana sebelumnya buta. Anda dibutakan oleh materialisme sehingga hidup anda hanya untuk dunia saja. sekarang hati anda bisa melihat bahwa ada kehidupan yang sebenarnya setelah anda meninggalkan dunia ini. Dan kehidupan itu adalah kehidupan yang sebenarnya dimana menentukan apakah anda akan bahagia selamanya atau kesengsaraan yang akan anda terima.
Kita berlindung kepada Allah swt mudah-mudahan kita semua termasuk kedalam golongan orang-orang yang berbahagia di dalam surgaNya.

Wallahu’alam bisshowab
Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN

ARTIKEL  TP4D PEKERJAAN DI AKHIR TAHUN BELUM SELESAI, HARUSKAH PUTUS KONTRAK, SEBUAH SOLUSI AKHIR TAHUN ANGGARAN Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin. Salah satu permasalahan bagi Kementerian/Lembaga/SKPD/Institusi (K/L/D/I) yang sedang melaksanakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang menggunakan kontrak tahun tunggal adalah seluruh pekerjaan tersebut  harus sudah diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran. Namun disinilah permasalahan yang sering terjadi yaitu banyak pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang ternyata tidak atau belum selesai sedang kontrak pelaksanaan pekerjaan telah berakhir. Terhadap permasalahan tersebut banyak PPK yang bimbang atau ragu dalam mengambil keputusan. Ada beberapa kemungkinan yang dilakukan oleh PPK  terhadap pekerjaan yang diperkirakan tidak akan selesai sampai dengan akhir tahun anggaran yaitu : 1.     PPK memutuskan kontrak secara sepihak dan penyedia barang/jasa dianggap lalai/cidera janji dalam melaksanakan kewajibannya. Atas sisa pekerjaa

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN

BAGAIMANA MEMAHAMI FITNAH DAJJAL DAN NUBUAT AKHIR ZAMAN Mari kita mulai dari Yeruselem. Yeruselem adalah kota suci. Dari sana Alquran  menceritakan banyak sekali kisah dari  Nabi Musa as, Nabi Dawud as dan putranya Nabi Sulaiman as, Nabi  Zakaria as, Nabi Yahya as dan dan Nabi Isa as.  Bangsa Bani Israel mencapai puncak kejayaannya  pada jaman Nabi Daud as dan Nabi Sulaeman as yang pemerintahannya berpusat di Yeruselem. Pada pada tahun 586 SM, kota Jerussalem diserang dan dihancurkan pertama kali oleh Raja  Nebuchadnezzar  dari Babylonia. Semua orang yahudi di bawa ke babylonia untuk dijadikan budak. Namun pada saat babylonia ditaklukan oleh Raja Cyrus dari Persia, orang-orang Yahudi tersebut dikembalikan kembali ke Jerussalem. Bangsa Yahudi yakin berdasarkan kitab suci mereka bahwa kelak Allah swt akan mengembalikan kembali bangsa Yahudi  ke Yeruselem  dan akan menurunkan  Messiah atau Al Masih yang akan mengembalikan kejayaan mereka untuk memerintah dunia dari Yeruselem

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA

HUKUM TUHAN DAN HUKUM MANUSIA Oleh : Muhammad Ahsan Thamrin Salah satu perbedaan antara hukum Tuhan dengan Hukum buatan manusia adalah pada kepastian hukumnya. Hukum Tuhan tidak pernah berubah oleh zaman dan tidak ada kontradiksi atau pertentangan didalamnya , ini berbeda dengan hukum buatan manusia yang sering terjadi konflik norma di dalamnya, sehingga membuka ruang manusia untuk menafsirkannya sesuka hati dan sesuai dengan kepentingan. Di dalam hukum Tuhan, kita tidak boleh menafsirkan ayat secara serampangan dan bebas, tapi ada petunjuk metodologi yang harus dipatuhi supaya kita tidak salah dalam mengambil kesimpulan atas suatu makna. Di dalam alquran misalnya  kita tidak boleh mengambil satu ayat secara terpisah dan kemudian menyimpulkannya. Tapi ambillah semua ayat yang berkaitan dengan topik dan pelajari semua secara bersamaan  untuk mendapatkan makna yang menyeluruh. Makna yang harmonis, karena tidak ada sedikitpun kontradiksi dalam alquran. Misalnya di dalam Alquran